Kanker Mulut Rahim, Pembunuh Wanita Nomor 1


Kanker mulut rahim atau kanker serviks adalah pembunuh wanita nomor 1 (satu) di dunia. Tercatat bahwa di Indonesia, sekitar 20 wanita setiap harinya meninggal karena kanker serviks. Padahal jika diketahui sejak stadium dini, kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah dan dapat disembuhkan dibandingkan jenis kanker lainnya.

Kanker serviks merupakan keganasan pada bagian terendah dari rahim yang menonjol ke puncak liang sanggama (vagina). Perubahan sel normal pada serviks menjadi sel kanker memakan waktu sekitar 10-20 tahun, sehingga sebetulnya masih ada kesempatan cukup lama untuk mendeteksi dan menanganinya sebelum benar-benar menjadi kanker serviks.

Sebanyak 99.7% kasus kanker serviks disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik tipe risiko tinggi. Kurang lebih 50% orang yang sudah aktif secara seksual, sekali dalam hidupnya pernah terinfeksi HPV, baik laki-laki maupun perempuan. Namun, wanita yang melakukan hubungan seksual pertama pada usia muda (16-21 tahun) dan mempunyai banyak pasangan seks, merupakan kelompok yang sangat rentan dan berisiko tinggi terinfeksi HPV. Dan, adanya infeksi HPV onkogenik tipe risiko tinggi yang menetap perlu mendapat perhatian sebagai penyebab kanker serviks. Berikut ini kelompok berisiko mengalami infeksi HPV yang menetap tersebut, antara lain : wanita berusia di atas 30 tahun, perokok, penderita gangguan sistem kekebalan tubuh (seperti AIDS), dan peminum steroid (seperti pada penderita Systemic Lupus Erythematosus).

Pada stadium awal, kanker serviks seringkali tidak segera menunjukkan gejala yang khas atau bahkan tidak bergejala. Sejalan dengan berkembangnya kanker, bisa menimbulkan gejala seperti perdarahan setelah senggama, keputihan atau keluar cairan encer dari vagina, perdarahan setelah menopause, dan keluar cairan kekuningan berbau serta bercampur dengan darah. Sayangnya, saat gejala itu muncul, tingkat kesembuhannya sudah sangat kecil. Padahal, bila bisa terdeteksi sejak stadium awal, masih ada peluang kesembuhan yang tinggi.

Meski tidak bergejala, kanker serviks stadium awal bisa dideteksi melalui pemeriksaan rutin berikut ini:

Pap Smear

Pap smear merupakan suatu tes sederhana untuk memeriksa kesehatan serviks dengan cara mengambil sel-sel pada serviks guna mengetahui ada atau tidaknya sel-sel abnormal. Saat ini tersedia dua metode pap smear, yakni konvensional (metode lama) dan sitologi serviks berbasis cairan (metode baru). Metode baru memberikan hasil yang lebih jelas, dan dalam satu sampel dapat digunakan untuk pemeriksaan HPV DNA. Sitologi serviks berbasis cairan (SSBC) tersebut dapat dilakukan di Laboratorium Klinik Prodia.

HPV DNA

HPV DNA merupakan pemeriksaan molekuler untuk mengetahui ada atau tidaknya HPV risiko tinggi pada sel-sel yang diambil dari serviks. Bila diketahui ada HPV risiko tinggi dalam sampel tersebut, maka segera berkonsultasi ke dokter. Saat ini pemeriksaan HPV DNA dengan metode Hybrid capture II yang telah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration(FDA) untuk pemeriksaan rutin deteksi infeksi HPV, telah tersedia di Laboratorium Klinik Prodia.

Semua wanita yang pernah melakukan hubungan seksual sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin kanker serviks secara berkala, dengan ketentuan:

Tiga tahun setelah hubungan seksual pertama, apabila hasilnya normal selanjutnya dilakukan rutin setahun sekali. Setiap tahun atau sesuai dengan saran dokter, apabila terdapat hasil yang tidak normal. Setiap tahun dan dianjurkan selain pap smear ditambah pemeriksaan HPV DNA, karena pada usia di atas 30 tahun risiko infeksi HPV menetap meningkat. 

Selain bermanfaat untuk memantau kesehatan, pemeriksaan secara rutin juga lebih hemat biaya, bila dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan selama menjalani pengobatan kanker stadium lanjut, akibat tidak pernah memantau kesehatan.

1 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya gan, di tunggu artikel yang lainnya

    http://obat-alami.info/obat-alami-kanker-mulut/

    BalasHapus

Pengelola


Jl.Cikunteun Indah Gg.Situmuhani Rt.05 Rw.12 Kel.Sambong Jaya Kec.Mangkubumi Kota Tasikmalaya Indonesia

Hp.085.318.732.223 / 0265-339207
PIN BB 576170C7

CS I
Status YM
CS II
Status YM
CS III
Status YM

Cara Pemesanan



SMS dengan format seperti dibawah:

VXAM : Jumlah Pemesanan :
Nama Anda : Alamat Lengkap :
No Hp/ Tlp
Kirim ke 085.318.732.223

Ace Maxs isi 350 ml
Harga Rp. 240.000 / botol

Himbauan

kkkkl
Bagi konsumen yang tidak bayar maka akan di cantumkan di 100website kami sebagai orang yang belum bayar dan akan tetap ada dan diketahui banyak orang sampai anda melunasinya. Atau dikenakan sanksi.
PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999
Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.
Diberdayakan oleh Blogger.

Obat Gula Darah

.



Google
Google Terms of Service
Laman kontak